Minggu, 21 Desember 2008

Arus Petir Terbesar Ada di Selatan Jakarta

Kekuatan petir yang tersembunyi
Petir sering terlihat di saat cuaca mendung atau ketika sedang hujanbadai. Coba sekali-sekali kamu perhatikan di malam hari, saat hujanderas, langit tiba-tiba menyala, tak lama kemudian disusul oleh suaramenggelegar. Suara itu membuat kita sering menutup telinga kita, bahkanmembuat kita bersembunyi ditempat yang menurut kita cukup terlindungi.Mengapa? Karena petir bisa menyambar benda-benda di sekitarnya danditempat yang tinggi. Misalnya pohon kelapa atau tiang listrik.

Dalam beberapa kejadian di Indonesia, petir bisa menyebabkan kematian,seperti pernah terjadi di Batam. Ketika seseorang sedang bermain golf dilapangan terbuka, ia tiba-tiba tersambar petir. Sangat dahsyat ya...Nah, sekarang, teman-teman ingin tahu mengapa suara petir menggelegarsampai menerangi langit? Atau teman-teman ingin tahu seberapa banyak sihcahaya yang dipancarkan petir? Atau seberapa besar panas yangdilepaskannya? Kalau mau tahu, ayo baca kelanjutan artikel ini.

Dalam ilmu fisika, satu kilatan petir adalah cahaya terang yangterbentuk selama pelepasan listrik di atmosfer saat hujan badai. Petirdapat terjadi ketika tegangan listrik pada dua titik terpisah diatmosfer – masih dalam satu awan, atau antara awan dan permukaantanah, atau antara dua permukaan tanah – mencapai tingkat tinggi.Kilat petir terjadi dalam bentuk setidaknya dua sambaran. Pada sambaranpertama muatan negatif (-) mengalir dari awan ke permukaan tanah. Inibukanlah kilatan yang sangat terang. Sejumlah kilat percabangan biasanyadapat terlihat menyebar keluar dari jalur kilat utama. Ketika sambaranpertama ini mencapai permukaan tanah, sebuah muatan berlawanan terbentukpada titik yang akan disambarnya dan arus kilat kedua yang bermuatanpositif terbentuk dari dalam jalur kilat utama tersebut langsung menujuawan. Dua kilat tersebut biasanya beradu sekitar 50 meter di ataspermukaan tanah. Arus pendek terbentuk di titik pertemuan antara awandan permukaan tanah tersebut, dan hasilnya sebuah arus listrik yangsangat kuat dan terang mengalir dari dalam jalur kilat utama itu menujuawan. Perbedaan tegangan pada aliran listrik antara awan dan permukaantanah ini melebihi beberapa juta volt.

Energi petir
Energi yang dilepaskan oleh satu sambaran petir lebih besar daripadayang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit tenaga listrik di Amerika.Suhu pada jalur di mana petir terbentuk dapat mencapai 10.000 derajatCelcius. Suhu di dalam tanur untuk meleburkan besi adalah antara 1.050dan 1.100 derajat Celcius. Panas yang dihasilkan oleh sambaran petirterkecil dapat mencapai 10 kali lipatnya. Panas yang luar biasa iniberarti bahwa petir dapat dengan mudah membakar dan menghancurkanseluruh unsur yang ada di muka bumi. Perbandingan lainnya, suhu permukaan matahari tingginya 700.000 Celcius (dari Wikipedia disebutkansun's surface temp is 6000 Celcius, mungkin yang dimaksud adalahtemperatur dari core nya). Dengan kata lain, suhu petir adalah 1/70 darisuhu permukaan matahari. Cahaya yang dikeluarkan oleh petir lebih terangdaripada cahaya 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt.

Sebuah sambaran petir berukuran rata-rata memiliki energi yang dapatmenyalakan sebuah bola lampu 100 watt selama lebih dari 3 bulan. Sebuahsambaran kilat berukuran rata-rata mengandung kekuatan listrik sebesar20.000 amp. Sebuah las menggunakan 250-400 amp untuk mengelas baja.Kilat bergerak dengan kecepatan 150.000 km/detik, atau setengahkecepatan cahaya, dan 100.000 kali lipat lebih cepat daripada suaraKilatan yang terbentuk turun sangat cepat ke bumi dengan kecepatan96.000 km/jam.

Sambaran pertama mencapai titik pertemuan atau permukaan bumi dalamwaktu 20 milidetik, dan sambaran dengan arah berlawanan menuju ke awandalam tempo 70 mikrodetik. Secara keseluruhan petir berlangsung dalamwaktu hingga setengah detik. Suara gemuruh yang mengikutinya disebabkanoleh pemanasan mendadak dari udara di sekitar jalur petir. Akibatnya,udara tersebut memuai dengan kecepatan melebihi kecepatan suara,meskipun gelombang kejutnya kembali ke gelombang suara normal dalamrentang beberapa meter. Gelombang suara terbentuk mengikuti udaraatmosfer dan bentuk permukaan setelahnya. Itulah alasan terjadinyaguntur dan petir yang susul-menyusul.Petir berarus listrik terbesar

Sebuah majalah `Intisari' pernah mengungkapkan bahwa petirberarus listrik terbesar terdapat di Indonesia, tepatnya di daerah Depok. Penelitian yang disponsori PLN Cabang Depok, pada bulan April,Mei dan Juni 2002, dengan menggunakan teknologi lighting position andtracking system (LPATS), itu untuk mengenali perilaku petir di wilayah kota di selatan Jakarta. Tak disangka, para peneliti mendapati aruspetir negatif berkekuatan 379,2 kA (kilo Ampere) dan petir positifmencapai 441,1 kA.(sebagai perbandingan ampere yang ada di listrik rumah kita sekitar 2-10 A, so u can imagine how big amp lightin is..)Dengan kekuatan arus sebesar itu, petir mampu meratakan bangunan gedungyang terbuat dari beton sekalipun. Selama ini, Indonesia memang dikenalsebagai negara dengan sambaran petir cukup tinggi. Kondisi meteorologisIndonesia memang sangat ideal bagi terciptanya petir. Tiga syaratpembentukan petir – udara naik, kelembaban, dan partikel bebas atauaerosol – terpenuhi dengan baik di Indonesia sebagai negara maritim.Dalam majalah Intisari edisi Desember 2000, disebutkan bahwa bumi bisadiibaratkan sebagai kapasitor. Antara lapisan ionesfer dan Bumi, jikalangit cerah, ada arus listrik yang mengalir terus-menerus, dariionosfer yang bermuatan positif ke Bumi yang bermuatan negatif. TapiBumi tidak terbakar, karena ada awan petir yang bermuatan listrikpositif maupun negatif sebagai penyeimbang. "Yang positif turun keBumi, dan yang negatif naik ke ionosfer.Ketika langit berawan, tidak semua awan adalah awan petir. Hanya awancumulonimbus yang menghasilkan petir. Petir terjadi karena pelepasanmuatan listrik dari satu awan cumulonimbus ke awan lainnya, atau dariawan langsung ke Bumi.

Disarikan dari : http://www.mail-archive.com/fisika_indonesia@yahoogroups.com/msg03350.html

Tidak ada komentar: